Kamis, 31 Januari 2008

KEDAHSYATAN SALAT DUHA


Oleh: Uti Konsen.U.M

TIDAK SEMUA ORANG Islam mampu melaksanakan ibadah haji karena melaksanakan ibadah haji biayanya cukup mahal, sama dengan harga satu unit rumah Perumnas. Tetapi kaum lemah dan rakyat kecil tidak perlu kecewa. Karena untuk orang yang tidak mungkin menjalankan ibadah haji, disediakan ibadah yang ringan tetapi bisa menutup pahala haji dan umrah yang diterima Allah. Yakni dengan melakukan salat dhuha dua rakaat saja. Sebab Rasulullah SAW. bersabda : "Dua rakaat salat dhuha sama pahalanya dengan ibadah haji dan umrah yang diterima". Artinya , orang yang tidak mampu tidak usah memaksa-maksa diri untuk berangkat haji. Kalau ada uang lebih, sebaiknya dibelanjakan untuk meningkatkan kemakmurannya supaya kelak bisa pergi ke Tanah Suci dengan kekuatan sendiri.

Rasulullah SAW bersabda tentang rahasia yang terkandung dalam pelaksanaan salat dhuha, yakni antara lain Allah akan membangunkan istana bagi orang yang mengerjakannya dan dosa-dosanya akan terampuni sampai bersih seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya. Bila melalui sabda-sabdanya, Rasulullah SAW. menginformasikan keistimewaan salat dhuha seperti di atas, maka melalui contoh dan teladan Raslulullah SAW. pula kita akan mendapatkan salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis, yang tak lain juga melalui pelaksanaan salat dhuha.

Seperti kita ketahui, Rasulullah SAW adalah salah satu contoh orang yang sukses dalam berbisnis. Tapi beliau juga merupakan contoh teladan orang yang rajin menjalankan salat dhuha. Saking utamanya salat dhuha, Rasulullah SAW. berpesan kepada sahabat dekatnya Abu Hurairah RA: "Telah berpesan kepada ku kekasihku, Rasulullah SAW., kata Abu Hurairah RA, " Tiga macam pesan,1. Puasa tiga hari tiap-tiap bulan.2. Salat dhuha dua rakaat dan .3. Salat witir sebelum tidur." ( HR.Bukhari - Muslim ).

Salat dhuha, dengan karunia Allah SWT ternyata mampu menjadi pendorong untuk tercapainya sebuah prestasi gemilang dalam dunia kerja ataupun bisnis. Dengan menjalankan salat dhuha berarti anda telah melakukan relaksasi untuk menjernihkan kembali pikiran dari segala keruwetan dan stress. Sehingga dengan begitu kemampuan yang anda miliki akan kembali pulih. Dengan salat dhuha, pikiran anda akan jernih kembali dan membuat anda cerdas, sehingga anda mampu bekerja pada kemampuan yang optimal. Simaklah salah satu contoh.

Pada tahun 1978 sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi memperoleh proyek pemasangan sistem alarm pada sebuah gedung baru. Hanya syaratnya perusahaan itu harus bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut dalam tempo kurang dari satu hari. Karena hari H nya sudah ditentukan. Pukul 16.00 pekerjaan dimulai, dikerjakan oleh seorang teknisi yang paling handal diperusahaan tersebut. Ketika mereka tiba di gedung tersebut, yang mereka lihat adalah kabel-kabel yang berantakan dan begitu banyak orang yang sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan masing-masing. Mereka semua dikejar batas waktu yang sangat mendesak. Sang teknisi langsung diprintahkan oleh sang pimpinan untuk segera mulai bekerja. Namun setelah tiga jam bekerja, ia melihat bahwa pekerjaan tersebut tampaknya tidak akan bisa dia selesaikan. Sang teknisi itu tampak gugup dan panik. Melihat kondisi itu tiba-tiba sang pimpinan meminta agar teknisi tersebut menghentikan pekerjaannya, lalu ia mengajak sang teknisi keluar ruangan dan meninggalkan gedung tersebut untuk mengubah suasana dan melepaskan diri sejenak dari situasi yang menekan. Mereka berjalan-jalan keluar sebentar, refresh dari suasana yang tegang. Mereka kembali satu jam kemudian dan langsung meneruskan pekerjaannya. Apa yang terjadi kemudian ?. Sungguh sangat menakjubkan. Teknisi itu bisa menyelesaikan pekerjaan rumit tersebut dalam tempo kurang dari dua jam saja. Rupanya ia bisa bekerja dengan baik kembali apabila ia dalam kondisi yang tenang dan pikiran jernih ( Buku Rahasia Shalat Dhuha oleh Imam Musbikin ).

Jadi kalau kita hayati, salat dhuha bukan menghambat pekerjaan, tapi orang yang mengerjakannya bisa kembali fit hati dan pikirannya. Karena kita menyadari bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa lepas dari masalah, baik bersifat fisik maupun psikis dan sosial. Kalau setiap masalah lekas kita kembalikan kepada Allah, maka Insya Allah akan segera diperoleh solusinya. Simak firman Allah dalam surah Ar-Raad 28 : " Orang yang beriman, hati mereka akan tenang, karena mengingat-Ku, karena hanya dengan mengingat-Ku hati mereka menjadi tenang.". Sebaliknya kalau kita hanya mengandalkan kepada kemampuan otak saja, dan lalai mengingat Allah maka akan terjadi seperti diperingatkan Allah SWT. : " Dan barangsiapa yang berpaling dari zikrullah maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta " ( QS.Thaha 124 ).

Kita hendaknya perlu mengetahui bahwa waktu dhuha termasuk saat yang mustajab bagi suatu munajat kita. Kenapa ?. Karena pada saat itu nyaris sebagian besar manusia pusat perhatiannya hanya terfokus kepada masalah dunia saja. Jadi hanya sedikit dari mereka yang perhatiannya terfokus kepada Allah. Sama halnya dengan waktu disepertiga malam yang akhir. Hanya sedikit sekali manusia yang bermunajat kepada Allah pada tempo tersebut. Maka wajar, bila ada yang memohon, meminta apa saja kepada Allah SWT. pada waktu-waktu tersebut lebih mendapat perhatian khusus dari Allah SWT.

Rasulullah SAW. bersabda : " Barangsiapa salat dhuha dua rakaat, maka orang itu tidak tercatat menjadi kelompok orang yang pelupa ( sehingga cerdas pikiran dan hatinya ); empat rakaat tercatat sebagai hamba Allah yang ahli ibadah ; enam rakaat terpelihara dari dosa dan perbuatan keji ; delapan rakaat tercatat menjadi kelompok hamba Allah yang taaat dan dua belas rakaat dibangunkan rumah di sorga ( Al Kahlani).

Karena itu alangkah baiknya kalau kita sebelum berangkat ke tempat kerja, berwudhu lebih dahulu, sehingga ketika sampai di kantor sebelum jam kerja di mulai, kita melakukan salat dhuha untuk memohon keridhaan dan rahmat dari Allah SWT. Jadikanlah ruang kerja kita sebagai " masjid ". Insya Allah, Dia akan memakmurkan hati dan memakmurkan perusahaan kita.Amin.

Wallahualam.


Tidak ada komentar: